Senin, 14 Januari 2019

Penyebab Cedera Lutut yang Terjadi pada Ibu Hamil

Cedera lutut dapat terjadi pada siapa saja dan banyak faktor penyebabnya. Anda yang sedang hamil pun dapat mengalami cedera lutut di usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga. Ini penyebab terjadinya cedera pada bagian lutut yang dialami oleh ibu hamil.


Beban yang Bertambah
Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga, Anda bisa mengalami cedera pada bagian lutut yang disebabkan oleh beban tubuh. Perut yang semakin besar akan menambah beban yang tubuh, sehingga membuat lutut harus menahannya setiap kali Anda beraktivitas.

Ketika mengalami rasa nyeri pada saat hamil lakukan penimbangan berat badan untuk melihat Anda mengalami obesitas atau tidak. Jika hasilnya tidak, lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan solusi penanganannya.

Peningkatan Hormon
Penyebab berikutnya yang dapat menimbulkan cedera lutut pada ibu hamil karena adanya peningkatan hormon. Kerja hormon pada usia kehamilan trimester ketiga akan dikeluarkan untuk bagian ligamen dan tendon. Hormon ini juga menyebar ke bagian lutut.

Manfaat dari hormon ini untuk mendorong janin masuk ke bagian panggul agar bisa melakukan persalinan secara normal. Kondisi ini yang membuat ibu hamil mengalami rasa nyeri pada bagian lutut, bahkan mengalami keram di bagian kaki. Cedera ini akan ikut mereda setelah proses persalinan selesai. Jika tidak mereda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Tekanan Pembuluh Darah
Penyebab terjadinya cedera pada bagian lutut juga karena adanya tekanan pada bagian pembulu darah. Tekanan ini terjadi pada bagian lutut dan kaki. Cedera akan semakin berisiko, jika Anda hamil di usia tua. Tekanan pembuluh darah ini akan membuat kondisi vena menjadi sangat tegang. Pembuluh darah bekerja untuk membuat aluran darah ke jantung berjalan optimal.

Berdiri Terlalu Lama
Penyebab cedera pada lutut saat hamil juga disebabkan aktivitas berdiri yang terlalu lama. Beban yang ditanggung membuat lutut mengalami nyeri. Sebisa mungkin saat sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, Anda mengurangi aktivitas berdiri yang terlalu lama. Ini tidak hanya akan membuat lutut menjadi cedera, tetapi juga bagian kaki.

Kekurangan Kalsium
Selama masa kehamilan Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kebutuhan kalsium. Ada banyak masalah yang akan terjadi jika mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya bisa mengalami cedera pada bagian lutut ketika kekurangan kalsium. Cedera ini bisa dialami sejak trimester pertama kehamilan.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Mengurangi berbagai aktivitas yang dapat berisiko pada bayi di dalam kandungan dan juga berakibat buruk pada bagian sendi lurut. Penyebab cedera lutut di atas bisa dihindari seoptimal mungkin agar masa kehamilan berjalan baik. Jika mengalami nyeri di bagian lutut, Anda bisa melakukan konsultasi di dokter.my. 

    Choose :
  • OR
  • To comment